Senin, 19 Desember 2011

Dunia Iran: Logo Olimpiade 2012 Rasis

Logo-Olimpiade-2012
Olimpiade akan berlangsung di London, Inggris, 2012 mendatang. Inggris pun telah menetapkan logo yang akan digunakan selama ajang olahraga bergengsi itu. Namun, logo Olimpiade yang terpilih ternyata menuai protes. Iran adalah negara yang menyatakan penolakan terhadap logo yang dinilai rasis.
Seperti dilansir AP, Selasa (1/3), Iran beranggapan logo berwarna merah muda dengan bayangan kuning itu bertuliskan “Zion”. Kata yang berhubungan erat dengan Jerussalem, Israel. Sekretaris Jenderal Komite Olimpide Nasional Iran Bahram Afsharzade mengatakan, “Logo ini jika dibaca dari atas ke bawah bertuliskan Zion. Hal ini sangat mengecewakan umat muslim. Kami mengimbau negara-negara Islam lainnya untuk melakukan protes.”
zion di logo olimpiade 2012
Sedangkan jika dibaca dengan arah sebaliknya, logo Olimpiade 2012 terbaca “Izzo” merupakan single rapper Jay Z. Kontan, logo Olimpiade ini juga menuai protes hak cipta. Penggemar Jay Z juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menggunakan nama single artis favorit mereka sebagai logo.
Sementara itu, melalui juru bicaranya, IOC menyatakan tidak akan mengganti logo tersebut. “Logo Olimpiade London 2012 melambangkan figur Olimpade di tahun 2012. Hanya itu,” ungkapnya.

chech this out !!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar